Nilai Filosofis Sebuah Jam Dinding

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana bisa sebuah jam dinding memiliki nilai Filosofis.
Anda benar, jam dinding hanyalah sebuah benda biasa yang paling biasa, hampir semua rumah pasti ada jam dinding, bahkan gubuk-gubuk di bantaran sungai pun hampir semuanya dilengkapi jam dinding. Sepintas, memang tidak ada yang istimewa dari sebuah jam dinding, tapi cobalah baca tulisan ini, dan Anda akan tahu nilai filosofis dari sebuah jam dinding.

Beberapa minggu yang lalu, saya dihubungi oleh Teman SD saya yang kini berdomisili di Tanggerang. Saya diminta untuk hadir dan turut serta meramaikan pesta ulang tahunnya yang ke 17. Saya sempat binggung untuk hadir karena selain tidak tahu tempat, di pesta itu diharuskan memakai pakaian formal glamour, dan tidak boleh putih. Untungnya saya tidak sendirian diundang, ada 2 teman saya yang turut diundang. Akhirnya, kami putuskan untuk hadir di pesta itu.


Permasalahan tidak berhenti sampai di situ, Saya sempat binggung hadiah apa yang harus saya berikan pada dia. Banyak hadiah yang sempat melintas di benak saya, mulai dari kalung, cicin, baju, tas, sampai boneka.


Kami (saya dan salah satu teman saya), sempat berdiskusi panjang mengenai hal ini, sampai pada akhirnya kami putuskan untuk memberikan sebuah jam dinding, ya hanya jam dinding.. .
Mungkin Anda semua bertanya-tanya mengapa hanya jam dinding, mengapa tidak sesuatu yang lebih spesial..


Alasannya sederhana, Pesta teman kami ini mengambil tempat di pantai mutiara, tentu bukanlah tempat yang bisa disewa oleh sembarang orang.
Bila kami memberikan sesuatu yang mahal kepada orang dengan ekonomi tingkat atas mungkin hadiah tersebut tidak akan diingat, dan kami tidak ingin hal itu terjadi.


Kami berikan sebuah jam dinding disertai sepucuk surat yang bunyinya seperti ini


Selamat ulang tahun teman

Jujur kami katakan
Kami tak tahu apa yang kau mau di ulang tahun mu kali ini



Kami berikan jam ini agar kau selalu mengingat waktu
Merenung setiap waktu yang telah berlalu
Menikmati waktu yang kau punya saat ini
dan merencanakan hidupmu di waktu yang akan datang


Kami bungkus ini dengan sejuta doa, dan sejuta untaian harapan
Semoga kau selalu bahagia dan senantiasa dalam perlindungan-Nya


Semoga kau menyukainya, Selamat ulang tahun


salam hangat penuh cinta



Elwi & 0scar





Mungkin Anda semua sudah tahu apa maksud kami memberikan hadiah jam dinding. Ya, kami ingin agar teman kami ini selalu mengingat waktu di tengah kesibukannya sehari-hari. Kami ingin dia selalu merenungkan setiap saat yang telah ia lewati, menikmati setiap saat yang sedang dia jalani, dan menyusun rencana kehidupannya di waktu yang akan datang.
Tidak lupa kami berdoa semoga dia selalu bahagia, dan senantiasa berada dalam perlindungan-Nya. Sekali lagi, selamat ulang tahun, Chris Khoo..

Nah, semoga tulisan ini memberikan sedikit inspirasi bahwa hadiah itu tidak perlu mahal yang penting makna yang hendak disampaikan. ..

Akhir kata, Tuhan Memberkati..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eddie Lembong, Penggagas Penyerbukan Silang Budaya Meninggal Dunia

Sejarah Pedasnya Cabai di Indonesia

Begini Rasanya Bekerja di Komnas Perempuan